Aljabar Linear

 

Aljabar linear adalah bidang studi baik Informatika dan  matematika yang mempelajari sistem persamaan linear dan solusinya, vektor, serta transformasi linear. Matriks dan operasinya juga merupakan hal yang berkaitan erat dengan bidang aljabar linear.

Deskripsi Mata kuliah:

Prinsip aljabar matriks Dimana aljabar matriks dibutuhkan , pengertian SPL, akar-akar SPL, Pengantar SPL, Operasi Baris elementer (OBE), Eliminasi Gauss, Eliminasi Gauss-Jordan, fungsi Determinan, determinan dengan aturan sharus dan kofaktor, Sifat determinan, rank, Rank Matriks, Nilai eigen dan vektor eigen, Ruang Vektor, Bebas linear dan Tak Bebas Linier, Basis dan ruang vektor, Diagonalisasi, Orthogonal, ortonormal, Transformasi Linier

Standar Kompetensi :

  1. Mampu menggunakan untuk menyelesaikan Sistem persamaan Lin
  2. Mampu mengunakan untuk mencari nilai Determinan, dan invers.
  3. Mampu menggunakan untuk mencari nilai Eigen dan Vektor Eigen
  4. Mampu menggunakan transformasi linear
  5. Mampu Menerapkan aplikasi aljabar linear dalam kehidupan sehari-hari.
Kompentesi Dasar (KD) 1. Mahasiswa mempunyai motivasi dan gambaran yang jelas mengenai materi aljabar matriks
Indikator 1. Dapat menjelaskan pengertian SPL2. Dapat mencari akar-akar SPL.
Pengalaman Belajar 1. Prinsip aljabar matriks2.Mengapa aljabar matriks penting

3.Dimana aljabar matriks dibutuhkan

4.Menjelaskan pengertian SPL

5.Mencari akar-akar SPL

Materi Pokok/Alokasi Waktu Pendahuluan/ Pengantar 3×50 menit
Sumber/Bahan/Alat 1. Anton. H & Rurres. C, L, Elementary Linear Algebra, Ninth Edition, John Wiley & Sons, Inc, 20052. Hefferon. J, Linear Algebra, Mathematics Saint Michael’s College, Colchester, Vermont USA 05439.

 

 
  Power point, LCD
Kompentesi Dasar (KD) 2. Mahasiswa mampu menjelaskan bentuk SPL dan operasi yang dapat digunakan.
Indikator
  1. Dapat menjelaskan pengeruian SPL
  2. Dapat menyelesaian Operasi Baris Elementer

 

Pengalaman Belajar 1. Pengantar SPL2. Operasi Baris elementer (OBE)

 

Materi Pokok/Alokasi Waktu (Sistem Persamaan Linear (SPL) 3×50 menit
Sumber/Bahan/Alat 1. Anton. H & Rurres. C, L, Elementary Linear Algebra, Ninth Edition, John Wiley & Sons, Inc, 20052. Hefferon. J, Linear Algebra, Mathematics Saint Michael’s College, Colchester, Vermont USA 05439.

 

 
  Power point, LCD
Kompentesi Dasar (KD) 3. Mahasiswa mengetahui dan mampu menjelaskan jenis-jenis Sistem Persamaan Linier
Indikator 1. Mengetahui dan menjelaskan SPL dengan penyelesaian tunggal2. mengetahui dan menjelaskan SPL dengan penyelesaian banyak

3. Mengetahui dan menjelaskan SPL yang tidak mempunyai penyelesaian.

 

Pengalaman Belajar 1. SPL dengan penyelesaian tunggal2. SPL dengan Penyelesaian Banyak

3. Tidak ada penyelesaian SPL

Materi Pokok/Alokasi Waktu Sistem Persamaan Linier 3×50 menit
Sumber/Bahan/Alat 1. Anton. H & Rurres. C, L, Elementary Linear Algebra, Ninth Edition, John Wiley & Sons, Inc, 20052. Hefferon. J, Linear Algebra, Mathematics Saint Michael’s College, Colchester, Vermont USA 05439
 
  Power point, LCD
Kompentesi Dasar (KD) 4. Mahasiswa mampu menyelesaikan SPL
Indikator 1. Mahasiswa mampu menyelesaiakan SPL dengan metode :-    Eliminasi Gauss

–    liminasi Gauss-Jordan

Pengalaman Belajar Mempelajari penyelsaian SPL dengan

  • Eliminasi Gauss
  • Eliminasi Gauss-Jordan
Materi Pokok/Alokasi Waktu Sistem Persamaan Linier 3×50 menit
Sumber/Bahan/Alat 1. Anton. H & Rurres. C, L, Elementary Linear Algebra, Ninth Edition, John Wiley & Sons, Inc, 20052. Hefferon. J, Linear Algebra, Mathematics Saint Michael’s College, Colchester, Vermont USA 05439
 
  Power point, LCD
Kompentesi Dasar (KD) 5. Mahasiswa mampu menyelesaikan SPL Homogen.
Indikator
  1. Mahasiswmampu mendefinisikan SPL homogen
  2. Mahasiswa mampu menyelesaikan SPL Homogen

 

Pengalaman Belajar
  1. SPL Homogen
  2. Penyelesaian SPL Homogen
Materi Pokok/Alokasi Waktu Sistem Persamaan Linier 3×50 menit
Sumber/Bahan/Alat 1. Anton. H & Rurres. C, L, Elementary Linear Algebra, Ninth Edition, John Wiley & Sons, Inc, 20052. Hefferon. J, Linear Algebra, Mathematics Saint Michael’s College, Colchester, Vermont USA 05439
 
  Power point, LCD
Kompentesi Dasar (KD) 6. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian determinan dan bagaimana cara menghitungnya
Indikator 1. Mahasiswa mampu mendefinisikan determinan2. Mahasiswa mampu menghitung determinan

3. Mahasiswa mengetahui bagaimana sifat determinan

 

Pengalaman Belajar
  1. Pengertian fungsi Determinan
  2. Menghitung determinan dengan aturan sharus dan kofaktor.
  3. Sifat determinan
Materi Pokok/Alokasi Waktu Determinan 3×50 menit
Sumber/Bahan/Alat 1. Anton. H & Rurres. C, L, Elementary Linear Algebra, Ninth Edition, John Wiley & Sons, Inc, 20052. Hefferon. J, Linear Algebra, Mathematics Saint Michael’s College, Colchester, Vermont USA 05439
 
  Power point, LCD
Kompentesi Dasar (KD) 7. Mahasiswa mampu menjelaskan dan menentukan rank matriks serta mampu menjelaskan dan menentukan invers matriks
Indikator 1        Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian rank2        Dapat mencari rank matriks

3        Dapat menjelaskan invers matriks

4        Dapat mencari invers matriks

Pengalaman Belajar Pengertian rank (Peringkat)Pengertian nulitas (kekosongan)
Materi Pokok/Alokasi Waktu RankNulitas 3×50 menit
Sumber/Bahan/Alat
  1. Anton. H & Rurres. C, L, Elementary Linear Algebra, Ninth Edition, John Wiley & Sons, Inc, 2005
  2. Hefferon. J, Linear Algebra, Mathematics Saint Michael’s College, Colchester, Vermont USA 05439
 
  Power point, LCD
Kompentesi Dasar (KD) 8. Mahasiswa mampu menjelaskan nilai eigen dan vektor eigen dari suatu matriks, serta mampu mencari nilai eigen dan vector eigen
Indikator 1. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian eigen value dan eigen vektor2. Mahasiswa mampu mencari nilai eigen dan eigen vektor

 

Pengalaman Belajar 1. Pengertian Nilai eigen dan vektor eigen

  1. Mencari Nilai eigen dan vector eigen
Materi Pokok/Alokasi Waktu Eigen dan Vektor Eigen 3×50 menit
Sumber/Bahan/Alat
  1. Anton. H & Rurres. C, L, Elementary Linear Algebra, Ninth Edition, John Wiley & Sons, Inc, 2005
  2. Hefferon. J, Linear Algebra, Mathematics Saint Michael’s College, Colchester, Vermont USA 05439
 
  Power point, LCD
Kompentesi Dasar (KD) 9. Mahasiswa mampu memahami arti matriks dan vector dan operasi yang dapat digunakan.
Indikator
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian matriks dan vektor
  2. Mahasiswa memahami operasi yang berlaku di matriks dan vektor
Pengalaman Belajar 1. Membahas Pengertian Matriks dan Vektor

  1. Operasi yang berlaku di matriks dan Vektor
Materi Pokok/Alokasi Waktu Ruang Vektor 3×50 menit
Sumber/Bahan/Alat 1. Anton. H & Rurres. C, L, Elementary Linear Algebra, Ninth Edition, John Wiley & Sons, Inc, 20052. Hefferon. J, Linear Algebra, Mathematics Saint Michael’s College, Colchester, Vermont USA 05439
 
  Power point, LCD
Kompentesi Dasar (KD) 10. Mahasiswa mampu memahami pengertian ruang vector dan subruangnya
Indikator 1. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian ruang vektor2. Dapat menjelaskan pengertian sub ruang vektor
Pengalaman Belajar 1. Pengertian Ruang Vektor

  1. Pengertian Sub- Ruang vector
Materi Pokok/Alokasi Waktu Ruang Vektor & Sub Ruang Vektor 3×50 menit
Sumber/Bahan/Alat 1. Anton. H & Rurres. C, L, Elementary Linear Algebra, Ninth Edition, John Wiley & Sons, Inc, 20052. Hefferon. J, Linear Algebra, Mathematics Saint Michael’s College, Colchester, Vermont USA 05439
 
  Power point, LCD
Kompentesi Dasar (KD) 11. Mahasiswa mampu memahami pengertian dasar bebas linear dari suatu himpunan vector dan Himpunan vector yang membangun ruang vector.
Indikator
  1. Mahasiswa dapat menjelaskan mepengertian bebas liniar
  2. Dapat menentukan suatu himpunan bebas liniar atau tidak dalam contoh kasus / soal.
  3. Dapat menjelaskan pengertian membangun ruang vektor
Pengalaman Belajar 1. Pengertian Bebas linear

  1. Pengertian Membangun Ruang Vektor.
Materi Pokok/Alokasi Waktu Bebas Liniar & Membangun Ruang Vektor 3×50 menit
Sumber/Bahan/Alat 1. Anton. H & Rurres. C, L, Elementary Linear Algebra, Ninth Edition, John Wiley & Sons, Inc, 20052. Hefferon. J, Linear Algebra, Mathematics Saint Michael’s College, Colchester, Vermont USA 05439
 
  Power point, LCD
Kompentesi Dasar (KD) 12. Mahasiswa memahami pengertian basis dan dimensi dari ruang vektor
Indikator
  1. Dapat menjelaskan basis ruang vektor
  2. Dapat menjelaskan dimensi ruang vektor.
  3. Dapat menjelaskan basis ruang vektor & dimensi ruang vektor pada kasus soal.
Pengalaman Belajar 1. Basis ruang vektor2. Dimensi ruang vector
Materi Pokok/Alokasi Waktu (Basis Ruang VektorDimensi Ruang Vektor 3×50 menit
Sumber/Bahan/Alat 1. Anton. H & Rurres. C, L, Elementary Linear Algebra, Ninth Edition, John Wiley & Sons, Inc, 20052. Hefferon. J, Linear Algebra, Mathematics Saint Michael’s College, Colchester, Vermont USA 05439
 
  Power point, LCD

 

Kompentesi Dasar (KD) 13. Mahasiswa mampu mencari diagonalisasi dan diagonalisasi orthogonal dari suatu matriks
Indikator
  1. Dapat mencari diagonalisasi dalam matriks
  2. Dapat mencari diagonalisasi ortogonal dari suatu matriks

 

Pengalaman Belajar 1. Diagonalisasi2. Diagonalisasi orthogonal
Materi Pokok/Alokasi Waktu DiagonalisasiDiagonalisasi Ortogonal 3×50 menit
Sumber/Bahan/Alat
  1. Anton. H & Rurres. C, L, Elementary Linear Algebra, Ninth Edition, John Wiley & Sons, Inc, 2005
  2. Hefferon. J, Linear Algebra, Mathematics Saint Michael’s College, Colchester, Vermont USA 05439
 
  Power point, LCD
Kompentesi Dasar (KD) 14. Mahasiswa Memahami pengertian TL dan matriksnya dan penerapannya dalam kasus soal.
Indikator
  1. Dapat menjelaskan pengertian Transformasi Liniar (TL)
  2. Dapat menjelaskan matriks TL
  3. Dapat menjelaskan Kernel daerah hasil.
  4. Dapat menjelaskan TL, matriks TL dan Kernel daerah hasil bila diterapkan dalam kasus soal.
Pengalaman Belajar
  1. Pengertian Transformasi Linear (TL)
  2. Matriks TL
  3. Kernel dan daerah hasil
  4. Mengerjakan contoh soal.
Materi Pokok/Alokasi Waktu
  1. Transformasi Linear (TL)
  2. Matriks TL
  3. Kernel dan daerah hasil

 

3×50 menit
Sumber/Bahan/Alat
  1. Anton. H & Rurres. C, L, Elementary Linear Algebra, Ninth Edition, John Wiley & Sons, Inc, 2005
  2. Hefferon. J, Linear Algebra, Mathematics Saint Michael’s College, Colchester, Vermont USA 05439
 
  Power point, LCD